Latar Belakang

Dalam rangka mengurangi pengangguran khususnya lulusan SMK/SMA/Sederajat yang tidak melanjutkan pendidikan jenjang tinggi, maka Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK BHS ingin mencarikan jalan keluar agar mereka bisa bekerja di dunia industri atau di dunia usaha.

Dengan itikad baik, SMK BHS melalui BKK ingin mengatasi besarnya jumlah pencari kerja yang merupakan asset bangsa yang dapat mendukung pembangunan Nasional.

Oleh karena itu dengan mengoptimalkan peran BKK selalu mengadakan kerjasama di dunia industri dan di dunia usaha khususnya dalam hal penyaluran atau perekrutan calon tenaga kerja dengan memperhatikan potensi diri yang handal dan berkualitas, sehingga bisa disesuaikan dengan tuntutan yang diinginkan pihak perusahaan/instansi yang bersangkutan.

Visi dan Misi

Visi BKK SMK BHS adalah mewujudkan keterserapan lulusan SMK BHS ke dunia usaha dan dunia industri sesuai dengan kompetensi yang dimiliki secara profesional, produktif, mandiri, berbudi pekerti luhur yang mampu bersaing di pasar global.

Misi BKK SMK BHS adalah menyalurkan dan menempatkan lulusan SMK BHS ke dunia usaha dan dunia industri serta meningkatkan kerjasama dengan pengguna lulusan.

Dasar

  1. Undang-undang No. 14 tahun 1969 tentang ketentuan-ketentuan pokok mengenai tenaga kerja;
  2. Undang-undang No. 7 tahun 1981 tentang wajib lapor ketenagakerjaan di perusahaan;
  3. Keputusan Presiden RI No. 4 tahun 1980 tentang wajib lapor lowongan pekerjaan
  4. Keputusan Tenaga Kerja No. PER-02/MEN/94 tentang penempatan tenaga kerja di dalam dan luar negeri;
  5. Keputusan Menteri Tenaga Kerja No. Kep. 207/Men/90 tentang sistem antar kerja;
  6. Keputusan Menteri Tenaga Kerja No. Kep-44/Men/94 tentang petunjuk pelaksanaan penempatan Tenaga kerja di dalam dan ke luar negari;
  7. Keputusan Menteri Tenaga Kerja No. Kep-28/Men/94 tentang tata kerja dan struktur organisasi Departemen Pendidikan dan Struktur Organisasi Departemen Tenaga Kerja;
  8. Perjanjian kerjasama antara Departemen Pendidkan dan Kebudayaan dan Departemen Tenaga Kerja No. 076/V/1993 dan Kep. 215/Men/93 tentang pembentukan Bursa Kerja dan pemanduan. Penyelenggara Bursa Kerja di satuan Pendidikan Tinggi;
  9. Keputusan bersama Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, dan Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja. Departemen Tenaga Kerja No. 009/C/Kep/U1994 dan No. Kep.02/Bp./1994 tentang pembentukan Bursa Kerja di satuan Pendidkan Menegah Pemanduan Penyelengaraan Bursa Kerja.
  10. Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Konsep

BKK SMK BHS merupakan lembaga yang menjalankan fungsi mempertemukan antara pencari kerja dan pengguna tenaga kerja untuk penempatan. Berdasarkan adanya Satuan Pendidikan Menengah, di Satuan Pendidikan Tinggi dan di Lembaga Pelatihan kerja yang melakukan kegiatan memberikan informasi pasar kerja, pendaftaran pencari kerja, memberikan penyuluhan dan bimbingan karir serta menyalurkan dan penempatan pencari kerja.

Tujuan Dan Manfaat

  1. Mempertemukan tamatan SMK BHS Sumedang dengan dunia usaha/industri yang membutuhkan tamatan SMK BHS, agar tejadi proses tranformasi informasi.
  2. Memberi peluang saling berinteraksi antara tamatan SMK BHS untuk menawarkan kompetensi yang dimiliki kepada dunia usaha/industri yang membutuhkan tenaga kerja.
  3. Meningkatkan hubungan kerjasama SMK BHS Sumedang dengan dunia usaha/industri, dengan adanya pendekatan personil pengelola SMK dengan perwakilan industri.
  4. Meningkatkan wawasan Tamatan SMK BHS Sumedang tentang peluang kerja di dunia usaha/industri, sehingga tamatan dapat memilih peluang kerja sesuai kompetensi yang dimiliki.
  5. Terjadinya proses rekutmen sesuai dengan formasi kerja dan kompetensi yang dimiliki tamatan.
  6. Terserapnya tamatan ke dunia kerja.

Program Kerja

  1. Studi kelayakan tentang peluang BKK SMK BHS dengan langkah-langkah mencari dan mendata dunia usaha dan dunia industri baik lokal, nasional maupun internasional.
  2. Menyiapkan dan menyediakan fasilitas/sarana prasarana.
  3. Menyusun program kerja dan konsultasi.
  4. Menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam hal ini menyiapkan pesrta didik yang sedang dalam proses pendidikan.
  5. Mengadakan dan menyiapkan pengembangan karir baik siswa maupun alumni.
  6. Mendata siswa maupun alumni.
  7. Mencari informasi lowongan dan kunjungan ke Dunia Usaha/Industri.
  8. Pelayanan penempatan dan penyaluran.
  9. Mengadakan kontak / komunikasi dengan alumni dan orang tua/wali siswa.
  10. Mengadakan kerjasama dengan Dunia Usaha/industri baik mengenai kontrak Kerjasama maupun dalam penyaluran tenaga kerja.
  11. Mengadakan penelusuran tamatan.
  12. Mengadakan evaluasi dan analisis hasil kegiatan.

Tugas

  1. Memberikan pelayanan informasi ketenagakerjaan kepada siswa dan alumninya yang akan memasuki dunia kerja.
  2. Membina dan mengembangkan hubungan kerjasama dengan pemerintah dan swasta dalam pengadaan informasi ketenagakerjaan termasuk informasi pelatihan kerja dan penyalurannya.
  3. Melaksanakan kegiatan yang berkaitan dangan seleksi calon tenaga kerja yang bersumber dari tamatan SMK BHS dengan bantuan instansi Pemerintah maupun swasta.
  4. Membina hubungan baik dengan para alumni yang telah bekerja dan berhasil dalam bidang usaha untuk membantu memberi peluang penempatan bagi tamatan berikutnya yang memerlukan pekerjaan.

Jasa Pelayanan

  1. Memberikan informasi lowongan pekerjaan ataupun pelatihan keterampilan.
  2. Memberikan pelayanan kepada pihak-pihak yang bersedia memberi peluang kerja.
  3. Menyalurkan alumni peminat melalui program BKK SMK BHS